DaerahPilkadaPolitikSiak

Soal Cawabup Siak, Alfedri Singgung Gubri

Wajahriau.com – Bupati Siak petahana, Alfedri mengaku dipilihnya Husni Merza sebagai bakal calon wakil bupati Siak, sebelumnya telah mendapat restu dari mantan Bupati Siak dua periode yang kini menjabat Gubernur Riau, Syamsuar.

“Mantan Bupati Siak Arwin AS juga sepakat Pak Husni saya jadikan sebagai calon wakil. Begitu juga dengan Pak Gubernur Riau Syamsuar. Dulu setuju. Kalau sekarang tak setuju (Gubernur), entah lah,” kata Alfedri dalam orasi politiknya di Kecamatan Tualang, Senin (05/10/2020).

Alfedri mengatakan, sejak Syamsuar terpilih sebagai Ketua DPD I Golkar Riau, hubungan mereka memang mulai renggang. Padahal, selama dua periode, Alfedri sebagai wakil bupati Siak mendampingi Syamsuar.

Belum lagi, saat Pilgubri 2018 lalu, Syamsuar yang ketika itu tidak didukung Golkar, maju sebagai Calon Gubernur berpasangan dengan Edy Natar Nasution diusung PAN, NasDem, PKS dan berjanji akan menjabat Ketua PAN Riau jika terpilih. Namun kenyataannya, Syamsuar mendaftar dan terpilih sebagai Ketua Golkar Riau.

“Sebetulnya ya, saya dari dulu harmonis dengan beliau. Kalau tak harmonis, mana mungkin saya mendampinginya dua periode sebagai wakil. Penentuannya, periode kedua di Pilkada Siak 2015 lalu. Waktu itu, pilihan saya sangat berat. Sebab saya harus mundur dari PNS untuk mendampinginya. Padahal umur saya waktu itu baru 48 tahun. Tapi saya berazam, untuk mendampinginya. Dan beliau juga berjanji, setelah habis masa beliau dua periode, mendukung saya sebagai bupati melanjutkan pembangunan Siak,” kata Ketua PAN Siak tersebut.

Alfedri juga menyebut, sempat mendengar kabar miring tentang dipilihnya Husni sebagai calon wakil. Alfedri dinilai tidak satu arah dengan Gubernur Riau soal pemilihan calon wakil bupati di Pilkada 2020.

“Kalau dibilang saya melawan, terserah. Entah apa dan siapa yang dilawan. Jangan karena tak satu partai, disuruh ganti calon wakil saya, manalah saya mau. Saya sudah istiqomah milih Husni. Kalau dibilang itu saya melawan, terserah. Pada intinya, saya akan melawan kalau demi kebaikan. Tapi, saya berkeyakinan, kalau di hati Pak Gubernur, saya sebagai Bupati Siak,” katanya.

Menampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
Close
Close