HukrimNasional

Penusuk Syekh Ali Jaber Ditutuntut 10 Tahun Penjara Oleh JPU

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Abdullah Noer Deny menuntut terdakwa penusuk Syekh Ali Jaber dengan hukuman penjara 10 tahun. Hal ini diungkapkannya dalam sidang yang dilaksanakan secara virtual di Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Kamis (18/2).

“Meminta majelis hakim agar menghukum terdakwa Alpin Adrian dengan kurungan penjara selama sepuluh tahun,” ujar Abdullah.

Walau dituntut menggunakan pasal pembunuhan berencana, JPU mengatakan bahwa permintaan maaf tersangka menjadi peringan dari hukuman tersebut.

“Hal yang meringankan terdakwa menyesali perbuatannya dan telah meminta maaf kepada korban,” paparnya.

Di sisi lain Ardiansyah penasihat hukum terdakwa tidak setuju atas tuntutan tersebut, sebab pasal yang dituntut merupakan pasal pembunuhan berencana, sedangkan dalam kronologis kejadian, penusukan dilakukan dibagian tangan, dan bukan organ vital.

“Tuntutan jaksa tidak sesuai dengan fakta persidangan. Dalam video juga sudah terbukti, tikaman-nya mengarah ke tangan, bukan ke arah yang vital,” ujar Ardiansyah.

Ia menjelaskan bahwa seharusnya pasal yang digunakan bukanlah pasal pembunuhan berencana, melainkan pasal tentang penganiayaan dengan hukuman maksimal lima tahun.

“Bukan pasal 340. Itu kan pasal pembunuhan berencana,” pungkasnya.

 

Tags
Menampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
Close
Close