DaerahRiau

Minim Sumber Air Ditambah Angin Kencang, Petugas Kesulitan Padamkan Api di Lahan Gambut Sedalam 2 Meter

Karhutla saat ini tengah mengancam Riau, sebab hari ke hari semakin banyak ditemukan titik api. Kali ini terbaru ditemukan di Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis. Dilansir dari Kompas.com, hal ini disampaikan oleh Kepala Manggala Agni Sumatera V Daerah Operasi (Daops) Dumai Ismail Hasibuan melalui pesan Whatsapp, Senin (22/2).

Ia mengungkapkan kendala yang dihadapi dilapangan adalah minimnya sumber air dan angin kencang membuat titik kebakaran mudah merambat kemana-mana, ditambah kedalaman gambut mencapai 2 meter.

“Sumber air minim di lokasi. Kemudian, angin kencang yang membuat asap menyebar. Untuk luas lahan yang terbakar sekitar enam hektar,” ujarnya.

Untuk mencegah meluasnya kebakaran, tim gabungan melakukan penyekatan. Ismail juga mengaku pihaknya  membutuhkan bantuan helikopter water bombing untuk pemadaman dari udara. Yakni untuk menjangkau lokasi yang tak mamu ditembus petugas.

“Ya, memang kita berharap ada bantuan heli buat penyiraman dari udara. Kadang di lokasi kebakaran sumber air terbatas dan jauh,” pungkasnya.

Tags
Menampilkan lebih banyak

Artikel terkait

Back to top button
Close
Close