Gencar Tangani Penyebaran Virus Corona, Namun Puluhan TKA China Bebas Masuk Indonesia

Berbagai kebijakan telah dikeluarkan oleh pemerintah terkait penanggulangan dalam mencegahan penyebaran Virus Covid19 di wilayah-wilayah Indonesia.

Mulai dari meniadakan kegiatan di tempat-tempat pendidikan, anjuran bekerja dari rumah, menghentikan sementara kegiatan dirumah-rumah ibadah, Himbauan mengurangi kegiatan disaat Bulan Rhamadan, dan bahkan yang terbaru adalah Anjuran agar masyarakat Indonesia tidak melakukan mudik saat lebaran mendatang.

Bukan tampa sebab, hal ini dilakukan agar masyarakat bisa terhindar dari penularan dan penyebaran Virus Covid19.

Namun apa jadinya, apabila kebijakan yang dibuat oleh pemerintah untuk Rakyatnya tersebut, ternyata tidak sejalan dengan program pemerintahan itu sendiri?.

Misalnya, disaat Pemerintah gencar melarang rakyatnya untuk melaksanakan dan  mentaati aturan yang mereka buat, namun pada kenyataannya pemerintah itu sendiri tidak mengikuti aturan yang telah mereka buat.

Seperti yang  terjadi baru-baru ini, tepatnya pada Selasa kemarin (31/3), di kepulauan Riau yang bertepatan di wilayah Bintan, diketahui puluhan TKA asal China masuk ke Indonesia melalui Pelabuhan Bulang Linggi Tanjung uban disaat sedang maraknya aturan yang ditetapkan oleh pemerintah terkait pencegahan penyebaran Virus Covid19.

Kita semua tahu bahwa berbagai sumber mengatakan bahwa Virus Corona atau Covid19 bersumber dari Negara China, tepatnya di wilayah Wuhan, Tiongkok.

Perihal ini juga dibenarkan oleh Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tanjungpinang Agus Jamaludin. Ia membenarkan bahwa kedatangan puluhan tenaga kerja asing (TKA) asal China ke Bintan, Provinsi Kepulauan Riau tersebut, melalui Pelabuhan Bulang Linggi Tanjung uban.

“Benar, hari ini ada sekitar 39 TKA asal China masuk ke Kabupaten Bintan,” Tegas Agus Jamaludin di Bintan, Kepri, Selasa (31/3).

Kemudian, berdasarkan laporan yang diterima oleh pihaknya, Agus juga menjelaskan bahwa para TKA China tersebut akan menuju ke “PT Bintan Alumina Indonesia (BAI)”.

Disamping itu, Agus juga mengatakan bahwa, seluruh TKA dari China tersebut telah menjalani proses pengecekan suhu tubuh, dan juga berdasarkan pengecekan yang telah dilakukan, menurutnya, tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan mereka terindikasi gejala Covid-19, serta mereka juga sudah dilengkapi surat keterangan sehat dari negaranya masing-masing.

“Mereka juga dilengkapi surat keterangan sehat dari negaranya,” ungkap Agus.

Namun belum dapat dipastikan dengan jelas, apakah kedatangan mereka tersebut untuk keperluan bekerja atau yang lain.

“Saya tidak tahu pasti, silahkan konfirmasi ke PT BAI atau Disnaker Bintan,” Tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Bintan Indra Hidayat dikonfirmasi menyebutkan bahwa pihaknya juga telah menerima informasi mengenai kedatangan puluhan TKA asal China tersebut.

Ia juga menyebutkan bahwa Pihaknya bersama tim terpadu yang meliputi Disnaker Bintan, Disnaker Provinsi Kepri, Polres, Dinas Kesehatan, Imigrasi Tanjungpinang, Badan Intelijen Negara (BIN) dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), akan turun ke lapangan untuk melakukan pemeriksaan terhadap tenaga kerja asing tersebut hari ini.

“Insya Allah, besok kami akan turun pemeriksaan ke PT BAI,” ujar dia.

Menarik Lainnya Dari penulis yang sama