Luar Biasa, Lurah Sidomulyo Barat Edy Fakhri S.Pd Bersama Warga Komplek IAS Sidak Melihat Kondisi Saluran Drainase Penyebab Banjir

Jumat, 10 Mei 2024

Daerah113 Dilihat

Wajahriau.com, PEKANBARU | Tingginya intensitas hujan di wilayah Pekanbaru dan sekitarnya terutama di Kecamatan Tampan wilayah Sidomulyo Barat mengakibatkan Perumahan Indah alam Sejahtera ikut terdampak banjir meluap di jalan area di blok E dan F dan tidak tertutup kemungkinan akan berdampak luas blok yang lain. Di tenggarai ada efek dari pembangunan kebetulan sempadan bersebelahan dengan komplek perumahan yang baru berdiri.

Berdasarkan hasil survei warga IAS akibat berdirinya perumahan baru dan di karenakan pembangunan drainase terlalu kecil dan tidak memperhatikan dampak lingkungan area kondisi alam sekitar, sehingga di tenggarai menjadi biang kerok banjir tersebut.

Salah satu warga Perumahan Indah Alam Sejahtera menceritakan kronologis seputaran bahwa perumahan kita ini adalah dulunya lintasan tempat aliran pembuangan air dari berbagai perumahan di sekitar Jalan Rowo Bening. Menurut Nara sumber Sudrajat mantan pensiunan TNI ” dulu sebelum berdirinya perumahan tetangga sebelah tidak ada dampak banjir di perumahan IAS ujar warga komplek tersebut. Meskipun curah hujan sedang apalagi cukup tinggi kondisi aman dari banjir. Karena dulu, posisi lahan wilayah sebelum berdiri komplek perumahan tetangga IAS tersebut area lahan semak-semak setengah hektar tersebut bisa di bilang fungsinya semacam area lokasi menampung resapan air yg datang dari berbagai komplek yang melintas. Tapi kini kondisi sudah berbeda dan berdampak negatif khusus bagi warga Komplek IAS.

Menurut warga Perumahan IAS drainase saluran pembuangan air yang di bangun oleh perumahan tetangga di balek tembok tersebut saluran drainase hanya di bangun berukuran lebih kurang antara 50 atau 60 cm. Sehingga ketika hujan intensitas sedikit tinggi air yang mengalir memasuki area jl Rowo Bening yang kebetulan mengalir melintas di perumahan IAS terkesan mengendap di tempat seputaran drainase blok E dan F komplek IAS. Masih menurut warga IAS Sudrajat akibat kecilnya saluran drainase tidak standar ikut berkontribusi menjadi biang kerok akibat terdampak banjir. Di duga putaran volume aliran arus air bergerak amat lamban dan lelet.

Sementara ketika di konfirmasi Syamsul, Ketua RT 06 RW 10 mewakili warga apresiasi. dan berterima kasih atas kunjungan Pak lurah Sidomulyo Barat Edy Fakhri SP.d atas sidak melihat langsung kondisi warga khususnya Komplek IAS dan sekitarnya ,’ mudah- mudahan.dalan waktu secepatnya terealisasi untuk mencegah banjir yang melanda di wilayah Rt 06 khususnya dan RT 10. **Rudy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *