Bersama Pemkab Rohul, Tiga Perusahaan Kolaborasi Perbaiki Jalan Dayo Menuju Pendalian, Sebagai Bentuk Tanggung Jawab Sosial

Kamis, 08 Februari 2024

Daerah98 Dilihat

Wajahriau.com, ROHUL | Menindak Lanjuti hasil Rapat yang dipimpin langsung oleh Bupati Rokan Hulu H.Sukiman kemaren sore (6/2/2024) di Aula Lantai 3 Kantor Bupati Rokan Hulu bersama pihak Perusahaan terkait Perbaikan dan Pemeliharaan Jalan dari Simpang Pir Kecamatan Tandun menuju Kecamatan Pendalian IV Koto. dengan detilnya yakni jalan Dayo keatas gunung arah Kecamatan Pendalian.

Berdasarkan hasil rapat tersebut, seusai arahan dari Bupati Rokan Hulu bahwa pada hari ini, Rabu (7/2/2024) dilakukan Survei langsung bersama Pihak Kecamatan, Perwakilan PUPR Rohul, Perwakilan Bappeda Rohul dan Pihak Perusahaan PT APG-WI, PTPN IV REG III, dan PT MCM.

Setelah dilakukan Survei langsung tersebut maka telah disepakati bersama beberapa hal diantaranya.

1.Pembagian Presentasi Material

Diantara hal-hal yang telah disepakati pada rapat itu yaitu pembagian presentasi tahap pertama material yang akan digunakan oleh pihak perusahaan. PT APG-WI akan menyumbangkan 50% material sebanyak 150 kubik batu gunung dan 75 kubik sirtu. Sedangkan PTPIV REG. III dan PT. MCM masing-masing menyumbangkan 25% material, yaitu 75 kubik batu gunung dan 37,5 kubik sirtu.

2.Pemanfaatan Alat Berat

Selain material yang akan digunakan, rapat tersebut juga membahas pemanfaatan alat berat. PT APG-WI dan PTPN IV REG III akan menggunakan alat berat untuk pengerjaan pembangunan jalan, sementara itu PT MCM akan menyediakan dua dump truk. Hal ini dimaksudkan agar pengerjaan pembangunan jalan tetap sesuai jadwal dan dapat diselesaikan lebih cepat.

3.Pengerjaan Material

Material yang sudah tersedia di lapangan dapat langsung dikerjakan, sedangkan tahap awal akan dikerjakan sebelum tanggal 20 Februari 2024. Dengan demikian, diharapkan bahwa perbaikan jalan dapat dilakukan dengan segera dan selesaikan tepat waktu.

Sementara dari Pemetaan awal yang dilakukan dalam survei ditemukan 11 titik kritikal sepanjang kurang lebih 500 meter yang perlu dilakukan perbaikan dan pemeliharaan bersama. Oleh karena itu, tindakan yang terkoordinasi dan disiplin akan dibutuhkan agar jalan tersebut dapat diperbaiki dan diperawat dengan baik.

Dijelaskan juga bahwa kesepakatan ini diperoleh atas pemahaman yang diberikan kepada pihak Perusahaan maupun masyarakat perlunya kebersaman dan gotong royong untuk pembangunan.

Atas kesepakatan ini sepatutnya dapat di jadikan contoh dengan sikap gotong royong bagi setiap perusahaan yg lain khsususnya di Kabupaten Rokan Hulu.

Selain dari pada itu, Dampak positif yang dapat dihasilkan dari perbaikan jalan Dayo ke arah Kecamatan Pendalian IV Koto dapat dirasakan oleh masyarakat, baik dari segi perekonomian maupun kemudahan akses. Jalan yang baik akan menunjang perekonomian masyarakat, terutama dalam transportasi barang dan jasa. Selain itu, kualitas jalan yang baik juga akan memudahkan mobilitas masyarakat. Sehingga dengan perbaikan jalan ini diharapkan masyarakat sekitar dapat merasakan dampak positif dari pembangunan jalan tersebut.

Berkenaan dengan hal tersebu, Bupati Rokan Hulu H.Sukiman menjelaskan bahwa perbaikan dan pemeliharaan jalan ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas infrastruktur di daerah Rokan Hulu. Selain itu, hal ini juga sejalan dengan visi misi pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membuat daerah Rokan Hulu semakin maju.

Dalam perencanaan dan pelaksanaan perbaikan jalan ini, pihak terkait harus memperhatikan beberapa hal penting. Pertama, perlu dilakukan evaluasi dan pemantauan terhadap kualitas material dan pelaksanaan pekerjaan. Hal ini harus dilakukan untuk memastikan bahwa pekerjaan berjalan sesuai dengan standar dan spesifikasi yang telah ditetapkan, sehingga jalan yang dihasilkan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat.

Kedua, perlu dilakukan koordinasi dan komunikasi yang baik antara semua pihak terkait. Hal ini penting untuk memastikan bahwa setiap tahapan pekerjaan berjalan sesuai dengan jadwal dan tidak ada kendala yang menghambat proses perbaikan jalan. Komunikasi yang baik juga sangat penting untuk menghindari terjadi perbedaan pandangan dan kesalahpahaman antara pihak terkait.

Selain itu, pihak terkait juga harus memastikan bahwa penggunaan alat berat dan material berjalan secara efisien dan efektif. Hal ini sangat penting untuk meminimalkan biaya dan menghindari pemborosan dalam penggunaan sumber daya yang tersedia.

Dalam jangka panjang, perbaikan jalan Dayo ke arah Kecamatan Pendalian IV Koto ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat di daerah Rokan Hulu. Dengan kualitas jalan yang semakin baik, transportasi barang dan jasa dapat menjadi lebih lancar dan efisien, sehingga perekonomian masyarakat dapat meningkat.

Selain itu, peningkatan kualitas jalan juga akan memudahkan mobilitas masyarakat yang ingin beraktifitas di luar daerah, seperti ke sekolah atau tempat kerja. Jalan yang bagus juga akan meningkatkan nilai jual properti di sekitar jalan yang sedang diperbaiki, sehingga dapat mendorong pertumbuhan sektor properti di daerah tersebut.

Perbaikan jalan Dayo ke arah Kecamatan Pendalian IV Koto ini juga dapat menjadi contoh bagi daerah lain untuk melakukan gotong royong antara pihak perusahaan dan pemerintah dalam membangun infrastruktur. Dengan gotong royong yang kuat, pembangunan infrastruktur dapat dilakukan dengan lebih efisien dan efektif, sehingga manfaat yang dihasilkan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Melalui kerja sama dan gotong royong yang kuat antara pihak perusahaan dan pemerintah, diharapkan perbaikan dan pemeliharaan jalan ini dapat berjalan dengan lancar dan berhasil mencapai target yang telah ditetapkan. Dengan jalan yang semakin baik, diharapkan daerah Rokan Hulu dapat semakin maju dan memberikan kesejahteraan yang lebih baik bagi seluruh masyarakat di daerah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *