Walau Hujan , Penyalaan Api Obor dan Pesta Kembang Api jadi Puncak Pembukaan Pornas VIII SOlna 2018 di Riau

Upacara pembukaan Pornas VIII SOIna 2018 berlangsung dengan meriah dengan ditutup penyulutan api obor dan pesta kembang api, meski sempat diguyur hujan deras beberapa saat di Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (20/7/2018) malam.

Meski sempat tertunda karena diguyur hujan deras, ribuan atlet difabel dari 20 kontingen se-Indonesia tetap semangat mengikuti jalannya pembukaan Pornas VIII SOIna 2018 yang digelar di Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai, Kota Pekanbaru.

Ketua Panitia Daerah Pornas VIII SOIna 2018, Iwa Sirwani Bibra dalam sambutannya mengungkapkan, ajang Pornas VIII SOIna 2018 ini merupakan puncak dari pembinaan para atlet SOIna seluruh Indonesia sepanjang 2018.

“Pornas VIII SOIna 2018 juga menjadi ajang seleksi atlet SOIna nasional untuk nantinya dipersiapkan menghadapi Special Olympic World Summer Games (SOWSG) di Abu Dhabi tahun 2019 mendatang,” tuturnya.

“Dalam kegiatan ini ada 12 cabang olahraga (cabor) yang dipertanggungkan, yakni atletik, renang, bulutangkis, tenis meja, basket, sepakbola, bowling, bocee, voli, senam, bola tangan dan futsal,” rinci Iwa.

Iwa melanjutkan, pada ajang Pornas VIII SOIna 2018 tercatat ada sekitar 2.000 orang, terdiri dari 1.066 atlet dan sisanya dari official, pelatih dan pendamping atlet hadir pada pembukaan Pornas VIII SOIna 2018 di Riau.

“Kita harapkan bisa mengulang prestasi 4 tahun lalu ketika Pornas VII SOIna 2014 di Makasar. Kita juara umum maka diprioritaskan menjadi tuan rumah,” harapnya.

Sementara itu, Deputi I Pemberdayaan Pemuda Menpora RI,Prof Dr Faisal SH MSi DFM mengatakan SOIna selalu menjadi perhatian pemerintah dan selalu mendapat bantuan dari pemerintah untuk mengembangkan prestasi atlet difabel Indonesia.

“Bahkan tahun 2017 lalu atlet SOIna mendapatkan sembilan medali emas pada ajang kejuaraan internasional di Chicago, Amerika. Atas prestasi ini, juga mendapat apresiasi dan dukungan dari Presiden RI,” tuturnya.

Pada pembukaan Pornas VIII SOIna 2018 di Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai, Kota Pekanbaru juga turut dihadiri oleh gubernur dari 20 kontingen dan juga gubernur seluruh Indonesia.

Menarik Lainnya Dari penulis yang sama