Targetkan Bangun 50 Sumur Air Bersih di Pekanbaru, Aksi Bersama Lakukan Pemetaan

Lembaga kemanusiaan Aksi Bersama pada hari Selasa (24/4), melakukan survey di kelurahan Muara Fajar, Kec. Rumbai. Survey dilakukan untuk menentukan daerah yang akan dibangun sumur air bersih, program Air Baik selanjutnya.

Direktur Aksi Bersama, Syahrir Affandi mengungkapkan bahwa survey ini dilakukan untuk mengetahui daerah tersebut layak dibantu atau tidak.

“Biasanya sebelum membangun sumur, kita melakukan survey terlebih dahulu. Daerah tersebut layak atau tidak untuk dibantu. Kita akan menemui Ketua RW dan perwakilan warga untuk memintai keterangan tentang daerah tersebut,” ujarnya.

Pihaknya menetapkan kriteria suatu daerah layak dibantu program Air Baik ini, diantaranya adalah daerah yang berkontur tanah berbukit di mana kedalaman sumur di atas 100 meter. Tingkat ekonomi warga masuk dalam kategori ekonomi menengah ke bawah.

“Selain melakukan social mapping, kita juga memastikan bahwa ada penghibahan tanah untuk lokasi dibangunnya sumur. Sehingga tidak ada masalah tentang status sumur di kemudian hari.” Imbuh Syahrir.

Aksi Bersama merupakan lembaga kemanusiaan yang berfokus pada pengadaan air bersih untuk warga yang kurang mampu. Saat ini, area layanan baru mencakupi kota Pekanbaru.

Menarik Lainnya Dari penulis yang sama