Suka Berenang? Ini Segudang Manfaatnya!

Berenang merupakan olahraga yang cukup banyak diminati oleh sebagian orang dari berbagai usia. Berbeda dengan olahraga permainan, untuk bisa melakukan olahraga ini Anda bisa melakukannya sendiri. Ternyata, ada banyak sekali manfaat berenang untuk kesehatan Anda. Dilansir dari laman Hellosehat.com, berikut berbagai manfaat olahraga renang!

Melatih seluruh otot tubuh Anda akan bakar kalori berlebih dan membuat Anda lebih berenergi

Berenang akan membuat semua otot tubuh Anda bergerak. Dalam bahasa Inggris, ini disebut dengan full body workout. Tidak harus menggunakan gaya yang berat seperti gaya kupu-kupu untuk menggerakkan seluruh tubuh. Bahkan dengan menggunakan gaya dada yang santai, Anda tetap melibatkan seluruh otot pada tubuh Anda.

Berenang juga membakar banyak kalori. Dengan berenang santai, Anda akan membakar lebih dari 200 kalori hanya dalam setengah jam. Jumlah kalori yang dibakar ini lebih banyak dibandingkan dengan berjalan kaki dalam waktu yang sama, yaitu setengah jam.

Jika rutin berenang, Anda akan merasa lebih berenergi. Ini terjadi karena sistem metabolisme tubuh Anda meningkat. Maksudnya, tubuh jadi lebih maksimal dalam menggunakan karbohidrat atau lemak sebagai sumber energi. Hal ini tentu akan membuat Anda jadi lebih bersemangat dalam menjalani hari.

Berenang untuk menenangkan pikiran dan mengurangi stres

Ketika Anda tidak tahan dengan kemacetan dan polusi kota atau kehidupan pekerjaan Anda sedang berat, Anda butuh waktu untuk menenangkan pikiran. Berenang secara rutin dapat mengurangi tingkat stres, mengurangi depresi, hingga memperbaiki pola tidur Anda. Berenanglah dengan ringan dan santai untuk mendapatkannya.

Bagi Anda yang malas berkeringat, berenang adalah pilihan tepat

Jika Anda termasuk orang yang malas berolahraga karena tidak ingin berkeringat, maka berenang akan jadi pilihan yang sangat tepat dan menyegarkan. Berenang tidak akan menyebabkan Anda berkeringat karena air akan terus mendinginkan suhu tubuh Anda.

Menjauhkan risiko penyakit dengan berenang

Bukan hanya organ paru-paru yang semakin kuat. Sebagai salah satu olahraga kardio, berenang juga dapat menguatkan fungsi jantung. Detak jantung akan meningkat ketika berenang, apalagi ketika Anda melakukan gaya yang berat seperti gaya kupu-kupu. Olahraga jenis kardio seperti berenang bisa menjauhkan Anda dari risiko penyakit jantung, stroke hingga diabetes (kencing manis).

Menarik Lainnya Dari penulis yang sama