Sering Mengalami Penindasan, Siapa Sebenarnya Muslim Rohingya?

Umat Islam di dunia seolah tak pernah sepi didera ujian. Ujian yang bertubi-tubi itu datang silih berganti. Namun seperti biasa, dunia internasional hanya bisa terbungkam melihat kedzaliman ini.
Seperti yang terjadi di Myanmar baru-baru ini. Umat Islam Rohingya dibantai dengan cara yang sangat tidak manusiawi. Puluhan ribu warga Rohingya terlunta-lunta mengungsi ke negara lain, termasuk Indonesia.
Rohingya sering digambarkan sebagai minoritas dunia yang paling teraniaya. Mereka adalah kelompok etnis Muslim yang telah tinggal berabad-abad di Myanmar, negeri mayoritas Buddha. Di Myanmar, etnis Rohingya tak diakui sebagai warga negara. Mereka kesulitan memperoleh akses kesehatan, pendidikan dan perumahan yang layak. Kekerasan juga terus terjadi.
Konflik antara etnis Rohingya dan mayoritas penduduk Myanmar yang mayoritas beragama Budha seolah tak berkesudahan. Hampir semua orang Rohingya di Myanmar tinggal di negara bagian pesisir barat Rakhine dan tidak diizinkan pergi tanpa izin dari pemerintah. Ini adalah salah satu negara bagian termiskin di negara ini dengan berbagai kekurangan.
Secara umum orang berpendapat, krisis Rohingya di Myanmar adalah masalah agama.  Namun Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menyatakan, masalah yang terjadi di Myanmar kepada etnis Rohingya, bukan sekadar soal agama.
“Masalah Rohingya itu masalah setidaknya empat faktor masalahnya, sejarah, ekonomi, politik, dan agama. Bukan hanya agama. Jadi ini kita harap jangan konflik itu juga terjadi di Indonesia. Karena kita tidak ada masalah dengan Buddha di sini,” kata JK di kantornya, Jakarta, Selasa 5 September 2017.
Umat Budha di dunia sendiri mengutuk kekerasan yang dilakukan kelompok garis keras di Myanmar. Tahun 2014 lalu, Dalai Lama meminta Umat Budha menghentikan kekerasan di Myanmar dan Sri Lanka.
“Saya menyerukan kepada umat Buddha di Myanmar, Sri Lanka, membayangkan wajah Buddha sebelum mereka berbuat kejahatan. Buddha mengajarkan cinta dan kasih sayang. Jika Buddha ada di sana, dia akan melindungi muslim dari serangan umat Buddha,” pesan Dalai Lama.
Di dalam negeri Myanmar, nyaris tak ada yang membela Muslim Rohingya. Dunia mengutuk pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi yang diam seribu bahasa soal penindasan di Rohingya.
Nasib Muslim Rohingya pun masih jauh dari kedamaian.

Menarik Lainnya Dari penulis yang sama