Saat Ramadhan, Pemerintah Perketat Pantauan Makanan Berbahaya

Langkah pengawasan makanan selama bulan suci Ramadhan akan ditingkatkan. Hal ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan masyarakat yang beribadah dan memilih makan untuk berbuka puasa.

Dalam implementasinya, Pemerintah Provinsi Riau akan berkoordinasi dengan instansi terkait. Sehingga komitmen untuk memaksimalkan pengawasan makanan dapat berjalan seperti yang diharapkan. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani mengatakan, pihaknya juga akan berkontribusi dalam melakukan pengawasan makanan.

Untuk itu, Dinas Kesehatan telah berkoordinasi dengan beberapa instansi terkait untuk merencanakan pengawasan selama Ramadan. “Ya intinya kan untuk memberikan kenyaman masyarakat. Kita sebelumnya sudah ketemu dengan Kepala BBPOM yang baru, tapi pembahasannya masih umum.

Untuk pembahasan teknis kita adakan pertemuan lanjutan. Ini segara kita lakukan,”urainya, Kamis (25/5/2017). Untuk lokasi pengawasan, hal itu juga akan disinergikan dengan stakeholder terkait. Pengawasan meliputi tempat jajanan berbuka yang menyeidkan makanan berbuka puasa di Pekanbaru.

“Jadi kita juga akan menguji makanan tersebut. Jadi tidak hanya BBPOM, kita juga akan menguji di labor kita sendiri. Tujuannya untuk menjaga masyarakat mengkonsumsi makanan selama bulan suci Ramadhan,”imbuhnya lagi.

Tidak hanya itu, ia  juga meminta seluruhp pusat layanan kesehatan yang ada untuk mengimbau masyarakat terkait aspek kesehatan selama Ramadan. Sehingga masyarakat dapat menerima pelayanan dan mendapatkan informasi tentang makanan yang sehat dan higienis

Menarik Lainnya Dari penulis yang sama