Rohul Bisa Kenalkan Budaya dan Pariwisata Melalui Batik

Hari ini, Rabu (2/10), bertepatan dengan Hari Batik Nasional. Bakal calon Bupati Rohul Arfizal Anwar, menyampaikan bahwa batik sebagai warisan budaya nusantara, batik bisa sebagai sarana promosi pariwisata sekaligus berdampak ekonomi.

“Kekayaan budaya Rokan Hulu selama ini sudah dikenali masyarakat luas. Namun hanya bisa dinikmati di Rokan Hulu saja. Oleh karenanya perlu dimunculkan identitas budaya secara visual yang bisa dibawa kemana saja, diantaranya melalui batik,” papar pengusaha asli Rohul ini, di Jakarta.

Bicara soal motif dan corak batik, ia mengungkapkan hal tersebut bisa dieksplorasi dan dikembangkan sendiri oleh anak-anak muda Rohul yang kreatif serta berkolaborasi dengan para tokoh yang paham budaya Rohul.

“Mengenai motif bisa kita eksplorasi lebih luas, anak-anak muda Rohul yang kreatif dengan dibimbing para orang tua yang paham nilai budaya Rohul nanti bisa menghasilkan beraneka motif clasic maupun modern,” ujar pria yang akrab disapa Pican ini.

Tak hanya itu, Pican mengungkapkan hal ini nantinya juga bisa mendorong terbukanya lapangan pekerjaan untuk anak muda di Rokan Hulu, dan juga bisa menghidupkan sektor pariwisata Rokan Hulu.

“Ini juga akan mendorong terbukanya lapangan kerja baru, juga mendorong sektor pariwisata. Dipadukan dengan teknologi informasi, nanti Rohul bisa lebih dikenal dunia. ” pungkasnya.

Menarik Lainnya Dari penulis yang sama