Pasar Atas Bukittinggi Terbakar, Ratusan Kios Hangus Dilalap Api

Sekitar 800 petak kios di Kompleks Pertokoan Pasar Bertingkat, Pasar Atas, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, ludes terbakar, Senin (30/10/2017) pagi. Belum diketahui dari mana sumber api, namun api pertama kali terlihat di lantai dua Blok C dan cepat menjalar hingga menghanguskan Blok B hingga Blok E. Dari perkiraan sementara, api diduga berasal dari hubungan pendek arus listrik. Sebab, kobaran api pertama terlihat menyebar di bagian atap lantai dua toko. Namun, kepolisian belum bisa memastikan sumber api karena belum bisa melakukan olah tempat kejadian.

Salah satu pedagang pakaian di pasar Atas tersebut Eri (40), mengatakan bahwa semua abrang dagangannya hangus dan tidak bisa diselamatlan.

“Semua dagangan saya hangus. Sampai di pasar kondisi sudah tidak mungkin lagi untuk masuk ke kedai menyelamatkan barang jadi dipasrahkan saja.” katanya.

Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias mendatangi Pasar Ateh untuk memantau langsung upaya pemadaman api. Menurutnya, tim pemadaman kebakaran dikerahkan dari daerah lain di luar Bukittinggi, termasuk Padang Panjang dan Tanah Datar. Ia juga mengatakan bahwa sebelumnya pedagang telah diingatkan bahaya nya arus pendek yang dapat mengakibatkan kebakaran.

“Kami sejak awal mengimbau pedagang hati-hati terhadap arus pendek. Hari ini akan kami rapatkan terkait kebakaran ini. Semua sudah membantu. Dari jam 06.00 lewat tadi.” kata Ramlan.

Hingga melewati pukul 07.30 WIB, masyarakat Kota Bukittinggi masih beramai-ramai berada di kawasan Jam Gadang. Pedagang juga masih berjuang menyelamatkan barang dagangan miliknya.

Menarik Lainnya Dari penulis yang sama