Menurut Pakar, Ini Pentingnya Nonton G30S-PKI

Pakar Sejarah dan Dosen Pendidikan Sejarah Universitas Riau, Prof Suwardi MS, mengatakan film G30S-PKI wajib ditonton oleh setiap warga negara Indonesia.

“Tontonan itu diperlukan agar masyarakat bisa tahu siapa yang menjadi  pemain, mana benar dan salah, atau kekurangan, dari film itu. ” katanya di Pekanbaru, Minggu (1/10/2017).

Pendapat demikian disampaikannya terkait pro dan kontra pemutaran film G30S-PKI tersebut hingga diperingatinya tiap 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Menurut dia, pro dan kontra atas keinginan untuk memutar film G30S-PKI itu masih terjadi kini antara lain lebih karena film itu belum pernah direvisi sesuai kondisi yang sebenarnya seperti siapa aktor dibelakang terjadinya peristiwa yang memilukan itu.

“Kita harus sadari bahwa melanggar UUD negara ini, maka pelakunya harus diadili di pengadilan khusus bukan di Mahmilub. ” katanya.

Sementara itu jika terjadi selisih pendapat dalam membangun negeri ini, maka sebaiknya dikembalikan kepada para pencetus UUD 1945 yang  sudah ditetapkan oleh Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 18 Agustus 1945.

Ia memandang bahwa solusi yang paling tepat untuk menekan acaman berkembangnya kembali paham komunisme dan radikalisme adalah kembali ke UUD 1945, yang sudah sangat bagus dibuat oleh pemimpin kita pada saat itu dengan memikirkan kepentingan jangka panjang.

“Namun naifnya, kini justru semangat kembali ke UUD 1945 itu sudah menurun seperti  usaha dikelola secara bersama seperti koperasi kini tidak lagi berjalan sempurna sesuai amanat Pasal 33 UUD 1945. Padahal Indonesia mengagungkan hidup dengan kebersamaan, seperti dalam bingkai negara yang berBhinneka Tunggal Ika. ” katanya.

Menarik Lainnya Dari penulis yang sama