Kemenag Riau Sembelih 2 Ekor Sapi

Senin lalu, (4/9/2017) Kantor Wilayah Kemenag Riau, melakukan pemotongan 2 ekor hewan qurban di halaman kantor tersebut dengan membagikan sebanyak 260 kantong pada karyawan, PNS dan tenaga honor.

Pemilihan hari Senin ini dikarnakan setiap ANS Di lingkup Kemenag Riau diwajibkan berkurban di lingkungan tempat tinggalnya dan sisa uang yang dikumpulkan merupakan partisipasi pegawai Kemenag Riau, baik secara tunai maupun melalui tabungan qurban koperasi Kanwil Kemenag Riau.

“Pemotongan hewan qurban dilakukan pada hari kerja supaya  semua pegawai Kanwil Kemenag Riau dapat berpartisipasi dan Senin masih termasuk hari tasyrik yang dibolehkan untuk memotong hewan qurban. ” kata Kanwil Kemenag Riau, Ahmad Supardidi Pekanbaru, Senin (4/9/2017).

Menurutnya, pemotongan hewan qurban yang dilakukan di kantor dalam rangka mewujudkan rasa kepedulian dan kebersamaan guna memupuk rasa semangat berkurban di kalangan PNS khususnya di lingkungan Kanwil Kemenag Riau.

“Daging qurban, katanya, akan dibagi-bagikan kepada seluruh pegawai, termasuk honorer dan pegawai non muslim seperti Kristen, Hindu dan Budha. “katanya.

Ahmad Supardi menekankan, bahwa ibadah qurban  memiliki peran yang sangat besar dalam pengembangan ekonomi kerakyatan  karena yang menjadi subyek qurban adalah orang kaya. Kekayaan harus dimiliki baru bisa berqurban.

“Dengan demikian maka ibadah qurban memberikan motivasi bagi umat Islam untuk giat bekerja sebab hanya dengan bekerjalah maka dapat berqurban. Kedua, yang menjadi obyek qurban adalah sapi, lembu, kambing dan domba. Keempat hewan ini adalah binatang jinak peliharaan manusia dan sumber ekonomi kerakyatan.”katanya.

 

Menarik Lainnya Dari penulis yang sama