Hampir Menghanguskan Rumah Kontrakan di Limapuluh Pekanbaru Akibat Kebakaran Siang Bolong

Kebakaran nyaris menghanguskan rumah permanen yang terletak di Jalan Swadaya II (Kuantan 7) Kelurahan Tanjung Rhu Kecamatan Limapuluh, Kota Pekanbaru, Riau pada Selasa (17/7/2018) siang sekitar pukul 12.00 WIB.

Bahkan api sempat melahap bagian plafon rumah yang terbuat dari kayu. Masih beruntung peristiwa tersebut cepat diketahui, sehingga warga bahu membahu memadamkan api sambil menunggu pemadam kebakaran tiba.

Selang beberapa menit, regu Damkar tiba dan langsung berjibaku menjinakkan api. “Sempat membesar tadi di atas (plafon), untung warga cepat tahu dan berupaya memadamkan api dengan alat seadanya,” ungkap Ketua RW04 RT01, Joko Mulyono.

Joko yang diwawancarai GoRiau.com menjelaskan, belum diketahui asal muasal api. Namun diperkirakan akibat adanya arus pendek pada perangkat elektronik. “Kayaknya dari kulkasnya, tapi belum tahu juga kita,” terangnya.

Berkat kesigapan warga dan Damkar, api tak sempat menghanguskan seluruh bangunan, hanya pada bagian plafon saja. “Tadi itu kita bongkar plafonnya biar mudah siram air. Kalau tidak cepat, bisa menjalar luas,” yakin dia.

Kata Joko, rumah ini milik Alm Muhammad Yusuf, yang dikontrakkan kepada orang lain. Tampak penghuni rumah masih syok atas kejadian tersebut.

Sebagian barang-barang juga sudah dievakuasi. Pantauan di dalam, terlihat kulkas yang dugaan sementara sebagai pemicu api dalam kondisi tumbang di ruangan tengah.

Bau asap juga kental terasa di dalam rumah bercat hijau tersebut. Petugas Damkar juga telah melakukan penyiraman, mengantisipasi adanya api muncul kembali. Mereka menyemprotkan air ke seluruh bangunan, terutama bagian atas.

Terlihat pula warga disekitar lokasi melihat kejadian tersebut. Polisi juga sudah berada di sini dan langsung berkoordinasi dengan penghuni rumah. Belum diketahui apa penyebab pasti kebakaran tersebut.

Menarik Lainnya Dari penulis yang sama