Dua Kandidat Bakal Beradu Visi Sosial pada Debat Pilgub Jateng

Debat perdana Pilkada Jawa Tengah akan dilaksanakan malam ini, Jumat (20/4). Dalam debat kali ini, petahana Ganjar Pranowo bersama pasangannya Taj Yasin akan berhadapan dengan duet Sudirman Said-Ida Fauzia.

Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo menyerahkan sepenuhnya jalannya debat pilkada kepada dua stasiun televisi itu. Namun, untuk materi debat sepenuhnya diolah dan dirumuskan oleh KPU dengan melibatkan sejumlah tokoh masyarakat dan juga kalangan akademisi.

Debat ini bakal dilaksanakan di Hotel Patra Semarang dan akan disiarkan secara langsung oleh dua stasiun televisi, yakni CNN Indonesia dan iNews.

“Jadi kami sudah focus group disscusion (FGD) untuk susun materi debat, kami betul-betul persiapkan semua materi debat ini agar kedua kandidat bisa meng-explore visi misi mereka melalui debat ini,” kata Joko saat dihubungi CNNIndonesia.com melalui telepon, Kamis (19/4) malam.

“Materi ini juga diharapkan bisa membuat masyarakat Jawa Tengah paham betul bagaimana calon pemimpin mereka ini melihat Jawa Tengah dengan berbagai permasalahannya,” ujar Joko.

Debat perdana ini akan mengangkat tema soal peningkatan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, penyelesaian persoalan daerah, menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah Kabupaten/Kota, dan memperkokoh NKRI dan kebangsaan.

“Tema itu sengaja dipilih pertama kali dalam debat perdana agar bisa tereksplorasi pemahaman kedua kandidat soal Jawa Tengah ini,” kata Joko.

Lebih lanjut, debat ini nantinya akan dibagi dalam lima segmen. Dimulai dengan pembukaan, pemaparan visi-misi serta program pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, menjawab pertanyaan dari pakar, setelah itu debat antarpasangan calon.

Menarik Lainnya Dari penulis yang sama