Bukan Dilayani, tapi Birokrasi itu Idealnya Melayani

Birokrasi idealnya mampu melaksanakan tugas dan melayani masyarakat, bukan sebaliknya dilayani oleh masyarakat. Konsekuensinya adalah pemerintah harus meningkatkan kinerja birokrasi yang bersih, kompeten dan memiliki kemampuan dalam melayani.Hal tersebut disampaikan Bupati Bengkalis, Amril Mukminin melalui Asisten Pemerintahan Hj. Umi Kalsum pada pembukaan Sosialisasi Road Map Reformasi Birokrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis bertempat di ruang rapat lantai IV Kantor Bupati Bengkalis, Selasa (27/11/2018).

Bupati menambahkan, perjalanan panjang pemerintah dalam memperbaiki birokrasi dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan, baik dari aspek perencanaan maupun aspek pelaksanaan di lapangan.”Dari aspek pelaksanaan, hari ini pemerintah baik itu di instansi pusat maupun daerah berupaya melakukan berbagai perbaian-perbaikan terhadap pelayanan dan efisiensi birokrasi” ujar Bupati seperti disampaikan Asisten Tata Pemerintahan.

“Hal ini perlu dilakukan mengingat masih tingginya resistensi terhadap perubahan yang positif,” ungkapnya.Selanjutnya beberapa permasalahan strategis yang masih harus diperbaiki melalui pelaksanaan reformasi birokrasi. Pertama, birokrasi belum sepenuhnya bersih dan akuntabel.

Kedua, birokrasi belum efektif dan efisien dan ketiga pelayanan publik masih belum memiliki kualitas yang diharapkan.Acara yang mendatangkan Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Riau, H. Jonli diikuti Camat dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis.

Menarik Lainnya Dari penulis yang sama