Buaya Masuk Kampung, BKSDA Riau Kembalikan Ke Habitatnya

Tim Rescue Balai Besar KSDA Riau, hari Rabu, (4/9/19) pagi mendapat laporan bahwa ada seekor Buaya naik ke darat di pemukiman penduduk, tepatnya di dekat SD 04 Kampung Merempan Hilir, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak. 

Disampaikan Kepala Bidang Wilayah II BBKSDA Riau, Heru Sutmantoro, setelah menerima informasi tersebut, Balai Besar KSDA Riau langsung menurunkan timnya ke lokasi dan saat sampai di lokasi, Buaya telah ditangkap oleh petugas damkar dan ditempatkan di kantor Dinas Damkar. Akhirnya Dinas Damkar melakukan serah terima kepada petugas Balai Besar KSDA Riau pada hari yang sama.

“Kemungkinan besar satwa mengalami dislokasi atau tersesat sehingga naik ke daratan. Habitat umumnya berada di dekat muara sungai yang berbatasan langsung dengan lautan dan jika buaya terus berenang ke hulu maka biasanya mengalami dislokasi,” terangnya.

Satwa langsung diamankan di kantor Bidang KSDA Wil 2 untuk dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum dilepasliarkan kembali ke habitatnya yang jauh dari pemukiman penduduk.

Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono menyampaikan terima kasih atas kerjasama Dinas Damkar yang telah sigap dalam melakukan tindakannya.

Menarik Lainnya Dari penulis yang sama