Bertaruh Nyawa Melawan Korporasi Pembakar Hutan, “Hero” Raih Penghargaan Bergengsi John Maddox Prize 2019

Seorang Guru Besar IPB Profesor Bambang Hero Saharjo (Hero) mendapatkan penghargaan bergengsi John Maddox atas kesaksian dan aksinya yang melawan korporasi pelaku pembakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Indonesia, Rabu (13/11) kemarin.

Penghargaan bergengsi John Maddox 2019 ini juga diberikan kepada Hero atas dedikasinya karena membela ilmu pengetahuan dalam menghadapi pelecehan, intimidasi, dan tuntutan hukum.

Guru Besar dalam bidang Perlindungan Hutan, Institut Pertanian Bogor yang juga sebagai seorang saksi ahli ini menggunakan metode “tebang dan bakar” dalam mengumpulkan bukti untuk persidangan. Ia juga telah memberikan kesaksian di sekitar 500 kasus, dengan menggunakan metode ilmiah untuk melacak di mana dan kapan kebakaran dimulai.

Hero Menceritakan bahwa sebagai seorang saksi ahli yang sentiasa menghadirkan informasi terpercaya di setiap pengadilan, maka sangat diperlukan pengorbanan dan kosistensi yang kuat dalam menjalinya. Ia bahkan sering menerima ancaman pembunuhan terhadap dirinya dan juga terhadap seluruh anggota keluarganya. Sejumlah orang-orang tidak dikenal pun pernah sampai datang ke universitas untuk mencarinya.

“Rekan-rekan saya memberi tahu saya bahwa saya ‘paling dicari’ oleh perusahaan penyebab kebakaran dan bahwa mereka dapat melakukan apa pun yang mereka inginkan untuk saya, keluarga saya dan karier saya,” kata Hero.

“Tentu saja saya memikirkan hal itu, tetapi sebagai seorang ilmuwan saya harus mengatakan yang sebenarnya. Jika saya berhenti maka saya akan sama dengan mereka. Saya harus menjadi bagian dari solusi, bukan bagian dari masalah,” imbuhnya lagi.

Penghargaan John Maddox merupakan penghargaan internasional untuk individu yang berkarya dalam ilmu pengetahuan yang memajukan diskusi publik seputar topik-topik sulit.

Menarik Lainnya Dari penulis yang sama