Bawaslu Rencanakan Pemanggilan Lima Pejabat Eselon Pemprov Riau Yang Hadir Rakerda Golkar Di Rohul

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau, Rusidi Rusdan menyatakan akan memanggil lima kepala dinas di lingkungan pemerintah provinsi Riau yang terlihat menghadiri Rapat Kerja Daerah Partai Golongan Karya di Pasir Pengaraian, Rokan Hulu, Sabtu (23/9/2017) lalu.

Adanya indikasi keterlibatan lima ASN Pemerintah Provinsi Riau karena hadir dalam Rakerda Golkar di Rokan Hulu beberapa hari lalu menjadi perhatian serius Bawaslu Riau untuk ditindaklanjuti.

“Kita akan jadwalkan pemanggilan pejabat eselon Riau itu. Dan kita menanyakan baik -baik kejadian dan motivasinya. Apakah atas inisiatif sendiri atau diundang parpol nanti kita akan lihat klarifikasi,”katanya usai bersilaturahmi dengan awak media di kantor Bawaslu Riau Kamis 28 September 2017.

Bawaslu melakukan pemanggilan ini sebagai upaya pencegahan awal terkait akan digelarnya Pemilihan Kepala Daerah Riau 2018. Sebab sesuai dengan undang -undang ASN, mereka dilarang terlibat politik praktis.

“Karena berdasarkan UU No 7 tahun 2017 ini, Bawaslu diamanatkan untuk mengawasi segala aktivitas ASN (Aparatur Sipil Negara) berkaitan dengan kampanye,” ucap Rusidi.

Rusidi menegaskan, apapun alasan partai dan para pejabat tersebut, dalam aturan mereka tidak diperbolehkan mengikuti setiap kegiatan partai. Kehadiran mereka memberi kesan dukungan dan ikut bergembira pimpinannya mendapat SK penetapan sebagai calon Gubernur Riau.

“ASN tidak boleh digiring ke acara partai walaupun ketua partainya pejabat daerah. Kan cukup pimpinan terkait saja yang datang, bukan seluruhnya kesana. Jika pejabat terkaitnya saja tentu itu merupakan keterwakilan pemerintah,” tegas Rusidi.

Menurutnya, persoalan semacam ini harus disikapi. Sebab, bisa saja nantinya partai lain ikut mengundang para pejabat dengan alasan yang sama seperti dilakukan Golkar.

“Namun lebih dalam, kita belum bisa menindak aatas kejadian tersebut. Karena sampai dengan saat ini belum ada calon gubernur yg telah ditetapkan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum),” katanya.

Sebelumnya, beredar foto sejumlah pejabat Pemprov Riau berfoto bersama dengan pengurus partai Golkar Riau dan juga anggota DPRD Riau dari fraksi Golkar, di sebuah acara Rapat kerja daerah (rakerda) Golkar, di antaranya adalah Kepala Dinas Kesehatan Mimi Yuliani Nazir, Plt Kepala Dinas Perhubungan Riau Rahmad Rahim, Kepala Dinas PU Riau Dadang, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riau Rudiyanto, dan Kepala Dinas Perkebunan Feri.

Menarik Lainnya Dari penulis yang sama