5 Helikopter Diterbangkan Lakukan Operasi Bom Air untuk Antisipasi 61 Titik Panas yang Muncul di Riau

Titik panas (hotspot) terus meningkat di Provinsi Riau dalam tiga hari belakangan. Bahkan pantauan citra satelit pada Selasa (17/7/2018) sore, hotspot di Negeri Lancang Kuning sudah mencapai 61 titik panas, dengan level confidence (kepercayaan) di atas 50 persen.

Titik panas, sebagian dipicu akibat terjadinya kebakaran lahan dan hutan (Karhutla). Jumlah tersebut meningkat jika dibanding pengamatan Selasa pagi tadi, di mana berjumlah 29 hotspot. Operasi pemadaman pun dilakukan, baik darat maupun udara.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edward Sanger mengungkapkan, ada lima helikopter diturunkan untuk membantu pemadaman dari udara, dengan cara water bombing (Bom air, red). Heli ini membawa bucket berisi air dan dijatuhkan ke lahan yang membara.

“Seluruh helikopter waterbombing kita kerahkan, ada lima jumlahnya, di mana empat diantaranya bantuan dari BNPB. Hari ini kita fokuskan di daerah Dumai. Saya juga ikut melakukan patroli dari udara dan baru mendarat,” sebut Edward Sanger berbincang dengan GoRiau.com.

Dua helikopter yang dikerahkan untuk operasi bom air adalah Kamov, satu lagi Sikorsky, satu helikopter Bell 214 dan Super Puma milik perusahaan. “Empat unit heli kita standby kan di Lanud Roesmin Nurjadin dan satu lagi di Dumai,” terang Kepala BPBD Riau.

Ia melanjutkan, upaya pencegahan dan pemadaman terus dimaksimalkan oleh Satgas, baik darat maupun udara bersama stake holder terkait lainnya. Apalagi musim kemarau mulai terjadi pada Juli 2018 ini hingga nanti puncaknya pada Agustus.

Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, titik panas di Riau berjumlah 61 hotspot pada pantauan Selasa sore. Semuanya tersebar di enam kabupaten di Provinsi Riau.

Dirincikan, 13 titik panas terpantau di Dumai, 32 titik panas di Rohil, sembilan titik panas di Bengkalis, empat titik panas di Pelalawan, dua titik panas di Rohul dan satu lagi di Kabupaten Kepulauan Meranti. (Semuanya berlevel confidence di atas 50 persen).

Sementara untuk hotspot berlevel confidence di atas 70 persen (Berpeluang titik api, red) terpantau sebanyak 49 titik, menyebar di Bengkalis lima titik, Meranti satu titik, Dumai 12 titik, Pelalawan satu titik, Rohul dua titik dan paling banyak di Rohil dengan jumlah 28 titik panas.

Menarik Lainnya Dari penulis yang sama